You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Ciporeat
Desa Ciporeat

Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

KEGIATAN SATAPOK KAMPUNG SABER RIKSA SARAKAN DESA CIPOREAT

Administrator 22 Februari 2019 Dibaca 741 Kali

KEGIATAN  SABILULUNGAN  TANAM POHON KESAYANGAN ( SATAPOK )

 

Kampung Saber Riksa Sarakan Memiliki Moto  “ Riksa Diri Riksa ati Riksa Bumi “ Sebagai perwujudan dari moto tersebut Khusunya Riksa Bumi maka kampung Saber Riksa Sarakan memasukan Salah satu Kegiatan yang berhubungan dengan Riksa Bumi yaitu Kegiatan Konservasi sebagai perwujudan  dari Daftar Rencana Aksi  Kegiatan  Kampung Saber   yang mana Konservasi ini ditujukan selain  Reboisasi dan Rehabilitasi lahan kritis  karena wilayah Desa Ciporeat merupakan daerah  Kawasan bandung utara yang mana daerah ini merupakan daerah tangkapan air maka harapan pun terlontarkan Desa Ciporeat  menjadi Daerah pemasok Kebutuhan Air di daerah bawahnya seperti ujungberung ,cibiru dan sekitarnya.

Satapok Merupakan Program Pemerintah kabupaten Bandung sebagai upaya mengembalikan Bandung yang indah dengan suasana Alam yang  Hijau ranau, Satapok bukan hanaya Programn tapi satapok diharapkan Menjadi Kebutuhan bagi setiap individu karena dengan menanam pohon Kita dapatkan Hikmahnya yaitu pertama alam ( Leuweung hejo deui, Cai cur Cor deuiLeuweung Hejo Rahayat Ngejo ) 

Sebagai daerah Dengan ketinggian 1300 MDPL maka sudah dipastikan daerah kami memiliki tingkat kerawanan Bencana yaitu Longsor untuk mengantisipasi hal tersebut maka  kegiatan konservasi merupakan sebuah upaya untuk meminimalisir terjadi Longsor karena daerah Rawan akan ditanami pohon sebagai upaya pencegahan longsor.

Dalam kegiatan tersebut ( satapok ) kampung saber menurunkan kader-kadernya juga didukung oleh Pemerintahan Desa Ciporeat, Babinsa Desa, Tokoh Masyarakat, Linmas, Tokoh Agama unsur pemuda Baik Karang Taruna maupun siswa-siswi sekolah baik,SD,SMP maupun SMK  yang berada di wilayah Desa Ciporaet.

Dalam  Kegiatan tersebut  Kurang Lebih 600 Pohon ditanam diatas lahan Kritis yang meliputu Blok cap Singa ,Pasir Jirak, parabonan dan Ciwaru, Harapannya kegiatan ini akan terus berlansung  karena  kita ingin Shodaqoh Oksigen Kepada  semua umat manusia kata Kepala Desa Ciporeat UUH W. HELMADI yang diwawancarai  oleh KIM Desa Ciporeat.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image