You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Ciporeat
Desa Ciporeat

Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Bersama Saber Riksa Sarakan Membangun Desa Ciporeat

Administrator 15 November 2018 Dibaca 699 Kali

Riksa Sarakan merupakan sebuah  pemahamam yang mana berawal dari pemikiran  sederhana namun memiliki filosofi yang begitu kuat.

Riksa sarakan mempunyai arti miara, malire,nitenan, ngamumule  lembur  dalam segala hal,  miara lembur merupakan sebuah kewajiban bagi setiap warga masyarakat Desa Ciporeat tanpa memandang status dan Golongan  ibarat tubuh kita maka Moto Riksa Sarakan telah menjadi  urat nadi masyarakat Desa Ciporeat, ini terlihat dari setiap Program yang mana masayarakat dengan semangat sabilulungan  selalu bahu  membahu mensukseskan  setiap program Pemerintah , seperti Program kampung saber  yang mana tahun ini Desa  Ciporeat mendapatkan Kehormatan  dijadikan sebagai salah satu Desa yang  mendapatkan Program kampung saber.

Kampung saber mempunyai tujuan utama yaitu merubah Pola pikir atau mainset masyarakat supaya lebih mencintai lagi alamnya, mencinatai lagi  budayanya karena semakin lama  semakin hialng kebiasaan masayarakat terutama kebiasan Gotong Royong.

Ngamumule Lembur melalui Kampung saber seiring sejalan dengan moto Riksa Sarakan, kegiatan Kampung Saber lebih menitik beratkan kepada  pengeloala Sampah melalui prinsip Pilihb Pilah olah sampah, ada tiga jenis sampah yang termasuk dalam kategori pengelolaan yang mana sampah tersebut terdiri dari  sampah organik, sampah non organik dan sampah B3.

untuk Sampah Organik ditangani melalui Lubang Cerdas Organik ( LCO ), sedang untuk yang non organik  dikelola melaui Program Bank Sampah, untuk sementara waktu Sampah B3 masih ditangani dengan keraipan lokal yang sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat.

Desa Ciporeat sebagai salah satu Desa Hijau yang mana dalam kampung saber juga ada salah satu Draft rencana aksi terkait masalah Konservasi  jadi Leuweung Hejo Rakyat Ngejo bukan semboyan semata.

Desa Ciporeat mendapat penghargaan dari Pemerintaha kabupaten  bandung 2 Tahun Berturut-turut sebagai Desa Inspirasi Lingkungan bahkan tahun ini pada acara Puncak jambore Kampung Saber Desa Ciporeat mendapatkan 2 penghargaan sekaligus baik kader nya maupun Pemerintahan Desa Ciporeat .

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image